Waspadalah, dari Sinilah Bermulanya Kejenuhan

Mar 19

2014-03-21 bored-baby

Sepengalamanku biasanya kejenuhanmu dalam bekerja sebagiannya disebabkan oleh hal hal berikut:

Pertama: Melakukan hal hal yang berulang dan sama. Hampir semua orang selalu menjalani rutinitas seperti itu. Sebenarnya keadaan seperti itu bisa dipahami karena memang itu tugas dan pekerjaan harian yang harus diselesaikan menuntut seperti itu. Tetapi justru kejenuhan muncul dari suasana dan proses kerja yang tidak berubah.

Kedua: Tidak ada target yang mesti dikejar habis habisan. Target kerja atau usaha biasanya mengharuskanmu mencapai hasil kerja pada ukuran tertentu. Ini yang akan menciptakan perasaan tertantang pada dirimu. Tanpa tantangan pikiran, perasaan, hati dan jiwamu akan merasakan kebosanan atau kejenuhan.

Ketiga: Tidak terpancing untuk bersaing. Keinginan untuk bisa bersaing secara positif dan konstruktif memungkinkanmu secara sadar merasa perlu mengeluarkan kemampuan terbaikmu dalam berpikir, bersikap dan bekerja agar bisa mengungguli orang lain secara sehat. Akan tetapi sebaliknya tanpa itu justru akan menyebabkab kejenuhan.

Keempat: Jarang meraih keberhasilan keberhasilan kecil secara konsisten. Terus menerus bekerja dan berjuang pasti sangat melelahkan. Tetapi jika engkau bisa meraih keberhasilan demi keberhasilan kecil secara konsisten, maka engkau akan merasakan kenikmatan dan kepuasan batin yang tak terkira. Sementara jika engkau jarang bahkan gagal meraih hal hal itu, maka engkau akan jenuh bekerja.

Kelima: Jarangnya engkau melakukan peningkatan kapasitas diri. Jika engkau bekerja dengan beban dan tanggung jawab yang semakin bertambah, engkau akan sangat membutuhkan peningkatan kemampuanmu dalam bekerja. Jika engkau tidak mau atau malas melakukan itu, maka tentu saja ada lebih banyak pekerjaan dan tanggungjawab yang tidak bisa diaelesaikan. Keadaan ini menjadi pemicu dan pemacu kejenuhan.

Semoga engkau sekarang bisa menjadi lebih waspada.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *