Tiga Tradisi Belajar yang Selalu Memajukan

Jul 28

“Kesadaran terhebat yang harus kita miliki adalah bahwa kita tidak mungkin menjadi apapun esok hari jika kita tidak mempersiapkan apapun hari ini denga cara belajar ”

Saya sudah pernah menuliskan bahwa belajar memberi kita sejumlah keuntungan dan manfaat berikut :

1.Meningkatkan kesadaran kita tentang diri dan kehidupan yang sedang kita jal
ani.
2.Meningkatkan rasa percaya diri
3.Membantu kita untuk lebih mandiri dalam berpikir
4.Meningkatkan kualitas keputusan yang kita ambil
5.Memberi kita kesempatan dan kemampuan bekerja diberbagai bidang
6.Mememungkinkan kita menerima tanggung jawab profesional yang lebih besar.

Akan tetapi manfaat manfaat itu tidak akan bisa kita dapatkan jika kita tidak memiliki tradisi belajar yang berkualitas .

Minimal ada tiga Tradisi Belajar yang harus kita lakukan secara berkualitas dan konsisten agar kita mendapatkan manfaat manfaat yang telah saya sebutkan diatas lalu secara progresif kita mengalami kemajuan dibanyak bidang kehidupan .

Ketiga Tradisi Belajar itu adalah :

1.Tradisi Belajar Reguler :Ini menunjuk pada kebiasaan mempelajari segala sesuatu yang sedang menjadi bidang konsentrasi kerja kita.

Ini karena kemajuan yang terjadi pada bidang yang kita tekuni mengalami percepatan yang luar biasa.

2.Tradisi Belajar Progresif :Istilah ini menunjuk pada kesediaan , kemauan dan kemampuan untuk mempelajari hal hal diluar bidang konsentrasi kerja kita , sehingga kita bisa melakukan hal hal baru.Lalu secara bertahap kita bisa dan sanggup menangani beberapa pekerjaan dibanyak bidang .

Ini perlu kita lakukan karena dengan tersedianya perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini, semua bidang kehidupan manusia terkoneksi satu sama lain informasi dan pengelolaannya.

3.Tradisi Belajar Kreatif : Istilah ini menunjuk pada kemauan untuk mempelajari sesuatu dengan memikirkan dan melakukannya dengan cara cara baru yang sama sekali bertolak belakang dari logika dan cara berpikir normal karena bisa menghasilkan sesuatu yang lebih baik ,lebih efektif , lebih efisien dan lebih produktif.

Tradisi belajar ini sekarang justeru paling banyak diandalkan oleh pribadi pribadi bahkan institusi institusi yang berusaha ingin memenangkan persaingan didunia kerja dan bisnis

Ketiga tradisi belajar itu memerlukan perencanaan dan pengelolaan yang semakin baik dari kita ditengah tengah banjir informasi yang begitu luarbiasa seperti sekarang ini. Daya dukung teknologinyapun harus kita maksimalkan, sebab dengan ketersediaan perangkat teknologi komunikasi dan informasi seperti sekarang ini,hasil hasil belajar yang bisa kita raih akan tertampung dan terdayagunakan dengan lebih luas dan lebih produktif

Siapa yang bisa mengelola TRADISI BELAJARNYA dengan INTENSIF dan LEBIH BERKUALITAS dialah yang akan LEBIH DIMUDAHKAN oleh TUHAN SEMESTA ALAM menjadi PENAKLUK KEHIDUPAN

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *