Terampil Menghadapi dan Mengelola Penghancur Karakter

Dec 18

2012 12 18 +scenery nuno Milheiro

Dalam pengertian yang lengkap karakter adalah seperangkat keyakinan, cara berpikir, bersikap dan berprilaku yg secara spontan mengarahkan tindakan tindakan seseorang dalam hidupnya. Walaupun pada kenyataannya yg lebih dahulu nampak untuk diamati adalah sikap dan prilaku, akan tetapi keduanya dipengaruhi sepenuhnya oleh keyakinan dan cara berpikir seseoarang dalam dirinya.

Karakter karakter itulah yang kemudian secara permanen nampak dan muncul sebagai kebiasaan hidup yang kita kenali. Dengan usaha sungguh sungguh dan konsisten maka masing masing kita bisa membentuk diri sehingga kita tumbuh sebagi pribadi yang bangunan karakter dalam diri kita terdiri dari: keyakinan, ketulusan, , kekuatan harapan, daya tahan dan kesabaran, kesetiaan, kelapangan dada, keberanian, kontrol diri, tanggung jawab, empati dan kepedulian, hormat, berbagi secara tulus, selalu memperbaiki diri, dan masih banyak yang lainnya.

Tentu setiap unsur karakter diatas ada dalam diri kita masing masing dalam kadar yang berbeda. Jadi mungkin saja kita menemukan dua orang yang berkarakter pemaaf, tetapi kadar pemaaf dalam diri kedua orang itu pasti berbeda.

Tetapi setidak tidaknya terdapat 5 penghancur karakter yang sama sama bisa meluluhlantakkan bangunan karakter masing masing kita.

Kelima penghancur karakter itu adalah:

1. Keinginan dan rasa suka yang tidak terkontrol dan terkendali
2. Suasana diri yang negatif
3. Kritik dan saran yang destruktif
4. Berbagai perubahan aspek kehidupan yang kita hadapi
5. Problem problem kehidupan yang mendera kita

Sebagai manusia kita ditakdirkan TUHAN lahir sebagai makhluk yang membawa naluri dasar MENYUKAI dan MENYENANGI apapun yang menjadi keinginan dan kebutuhan diri kita sebagai manusia.

Akan tetapi kualitas KONTROL dan KENDALI DIRI terhadap RASA SUKA dan RASA SENANG kepada yang kita INGINkan dan kita BUTUHkan itu yang akan membuat kita bisa tumbuh sebagai pribadi dengan karakter yang mulya atau sebaliknya kita tubuh sebagai pribadi yang tidak berkarakter lagi.

Lalu bagaimana hilangngya KONTROL dan KENDALI DIRI bisa berakibat fatal pada hancurnya karakter kita? Saya lanjutkan besok pagi ya teman teman.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *