Sekolah yang Telah Membentuk Kita

Mar 14

2014-03-16 Sekolah

Selama saya terbaring dan istirahat sakit sepekan yang lalu saya sempat membuat catatan catatan tentang APA YANG TELAH MEMBENTUK kita hingga seperti sekarang ini.

Dengan segala kekurangannya yang masih harus kita atasi sekolah punya peran besar buat kita:

Pertama: Baru sebagian novel BURLIAN karya Tere- Liye saya selesaikan. Sebagian menceritakan sosok orang tua yang karena tidak mau tuntas bersekolah sehingga tidak berijasah SD tidak bisa berbuat banyak mencari pekerjaan di ibu kota kabupaten. Dia akhirnya menyerah dan memutuskan pulang kampung setelah lebih dari 20 tahun. Di desanya ia kembali menjadi petani. Anak anaknya dididik untuk bersungguh sungguh sekolah agar tidak seperti dirinya.

Kedua: Nasib anak anak teman se angkatan kuliah saya yang terbengkalai pendidikannya. Ayah dari anak anak ini tidak membolehkan anak anaknya menempuh pendidikan di sekolah sekolah negri karena alasan alasan yang picik. Akibatnya anak anaknya tidak memiliki ijasah ijasah SD, SMP dan SMA. Keterampilan satu satunya yang dimiliki oleh mereka adalah bisa membaca dan menulis saja. Lain tidak

Secara formal kemudian anak anak itu kesulitan mencari pekerjaan karena tidak memiliki legalitas formal (ijazah) dan terbatasnya keterampilannya.

Ketiga: Sekolah tempat dimana kita dididik membantu kita mengalami perubahan. Perubahan itu meliputi perubahan cara berpikir, keyakinan hidup, sikap, kebiasaan dan tindakan hidup kita.

Keempat: Pada akhirnya bukan saja kita berubah secara bertahap menjadi manusia baru karena perubahan perubahan yang kita alami di sekolah itu, tapi kita mengalami proses pematangan dan pemantapan pada cara berpikir, keyakinan, sikap, kebiasaan tindakan hidup kita.

Kelima: Hingga kemudian kita bekerja mencari nafkah hidup, sadarlah kita kemudian akan peran sekolah itu dalam membenruk diri kita. Sekolah dan kebiasaan belajar yang kita warisi telah membuat kita tumbuh sebagai pribadi dengan keyakinan, cara berpikir, sikap, kebiasaan dan tindakan hidup yang menyebabkan kita dihargai, dipekerjakan, dibayar dan sebagainya atas semua kualitas kepribadian diri kita, ilmu pengetahuan serta keahlian yang kita miliki sehingga sanggup menunaikan tugas tugas pekerjaan kita.

Keenam: Sekolah yang saya maksud bisa formal, informal, non formal atau semi formal. Pokoknya segala institusi yang menyelenggarakan berbagai upaya pendidikan dan pembentukan kepribadiaan diri kita sehingga kita menjelma menjadi manusia yang berdaya.

Ketuju: Memang masih banyak yang harus disempurnakan pada penyelenggaraan sekolah sekolah kita itu. Itu menjadi medan jihad perjuangan kita.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *