Sebaiknya Engkau Selalu Siaga

May 12

2013 05 12 +575956 0341c64a07faa9f4168c93b1b67bbb52 large

Tidak ada yang bisa memberikan kepastian tentang apa yang akan terjadi dengan mu. Dalam hitungan hari, pekan, bulan dan tahun tiba tiba engkau sangat mungkin memasuki situasi dan kondisi kehidupan baru yang menuntut mu untuk mampu melakukan penyesuaian diri agar engkau tetap exis.

Pengalaman sosok berikut ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi mu: “Sudah jatuh tertimpa tangga. Itu ungkapan yang paling tepat untuk nestapa Misha McLamb. Perempuan 32 tahun itu bekas serdadu Amerika Serikat yang bertugas sebagai tenaga mekanik pesawat tempur di Irak.

Senin dua pekan lalu, saat para veteran berbaris berparade merayakan Hari Parade Veteran Amerika,
Misha melangkah gontai keluar dari ruang sidang pengadilan Kota Olympia, Washington, DC. Misha bernasib malang. Pengadilan memutuskan perempuan yang baru sebulan dipecat dari pekerjaannya sebagai kasir minimarket itu kehilangan hak asuh atas putrinya yang berusia 8 tahun.

Suaminya yang juga mantan serdadu menang di pengadilan perceraian.”Beginilah hidup saya sekarang,”katanya saat diwawancarai CBSNews. Dari seorang serdadu bertubuh tegap, Misha kini berubah menjadi sosok kuyu, khas pencandu alkohol. Ia mulai rutin menkonsumsi sejak kehilangan dua teman dekatnya di Baghdad, Irak. Mereka mati akibat serangan bom mobil.

Begitu pulang ke Amerika Serikat, kebiasaannya menjadi jadi. Alhasil akibat kecanduannya, Misha jatuh miskin. Santunannya amblas, rumah bantuan pemerintah bagi veteran ia lego hanya demi mempertahankan cinta pacar barunya yang ternyata penipu. Kini ia tinggal sendiri dakam mobilnya. Misha kehilangan segalanya.

Derita Misha hanya penggalan kecil cerita veteran perempuan di Amerika Mungkin saja engkau mengalami transisi kehidupan seperti itu.

Walaupun dalam bidang dan profesi yang berbeda, jika itu benar benar terjadi engkau memerlukan sebuah antisipasi yang terencana. Tentu saja yang saya maksud terencana adalah sebuah cara berpikir dan bersikap dalam menyiapkan diri dengan sejumlah kemampuan yang memungkinkan engkau bisa tetap eksis, karena engkau meyakini bahwa kehidupan itu selalu berubah.

Berkaca dari kehidupan wanita tersebut diatas, setidak tidaknya engkau perlu menyiapkan diri dengan berbagai hal berikut ketika pada suatu saat nanti menghadapi kondisi-kondisi kehidupan t yang tidak terduga:

1. Memiliki pikiran, perasaan dan jiwa yang senantiasa terhubung dengan Tuhan Yang Maha Mengatur segala sesuatu. Ini akan menjadi fondasi utama bagi terbentuknya ketahanan ruhani mu

2. Memahami kepastian akan adanya perubahan, siklus atau transisi kehidupan. Dengan ini engkau selalu bisa menyiapkan diri jika sewaktu waktu tiba tiba mengalami transisi kehidupan itu.

3. Memperlengkapi diri dengan sebanyak mungkin pengetahuan, keahlian dan keterampilan. Ini akan menolong mu untuk dapat mengerjakan banyak hal dalam situasi situasi baru

4. Menyiapkan mental mu dengan banyak memahami peristiwa peristiwa kehidupan seperti yang dialami oleh veteran perempuan diatas.

Kelak keempat hal tersebut akan banyak membantumu dalam menghadapi berbagai transisi dalam kehidupanmu.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *