Rahasia Keajaiban Karakter

Sep 17

1256917719txkdClj

“Pada awalnya kitalah yang harus bekerja keras membangun semua karakter unggul didalam diri kita, tetapi pada akhirnya semua karakter unggul itulah yang ditakdirkan Tuhan Semesta Alam akan merubah kehidupan kita menjadi semakin mulya dan bermartabat dalam ukuran Nya”.

Sepanjang sejarah kehidupan, karakter-karakter unggul manusia selalu berperan secara signifikan dalam menciptakan perubahan perubahan besar.

Akan tetapi sesungguhnya karakter karakter itu bisa dibentuk dalam diri kita, dan kelak akan berperan secara ajaib dan menakjubkan mengantar kita kearah kemulyaan hidup jika mengikuti prinsip pembentukan sebagai berikut:

1.Karakter akan mudah dan kokoh terbentuk melalui proses pendidikan diawal kehidupan seseorang

Sebagaimana otot otot para atlit senam dan atlit beladiri kungfu yang lebih gampang dibentuk pada masa masa awal pertumbuhan kepribadiannya, begitu juga karakter karakter unggul lebih mudah dibentuk pada diri kita terutama pada periode awal umur kita

Tetapi prinsip ini juga menegaskan sisi lain terutama bagi kita semua yang sudah melewati masa masa emas pembentukan karakter yaitu berapapun usia kita, semakin bersegera kita melakukan pembentukan ulang karakter kita, semakin mudah dan cepat kita mendapati diri kita berubah menjadi pribadi yang berkarakter unggul

2.Ibadah media utama pembentuk karakter.

Karakter karakter unggul yang kita butuhkan untuk berhasil dalam berbagai bidang kehidupan setidak tidak nya meliputi karakter berikut :keyakinan,ketulusan,kekuatan harapan, daya tahan dan kesabaran, kesetiaan, kelapangan dada, keberanian, kontrol diri, tanggungjawab, empati dan kepedulian,hormat pada sesama, berbagi secara tulus, selalu memperbaiki diri dan lain sebagainya.

Nah karakter karakter itu hanya mudah dibentuk dan dijaga pertumbuhannya secara subur diatas jiwa atau ruhani manusia yang sehat dan kokoh karena digembleng melalui ibadah yang berkualitas dan dilakukan secara intensif.

Dengan kata lain membentuk karakter karakter unggul dengan mengabaikan penggunaan ibadah sebagai media pembentuknya hanya akan menghasilkan kualitas karakter yang rendah.

Mengapa bisa ? Ya karena karakter karakter unggul manusia itu berakar pada jiwa atau ruhani manusia.Dan jiwa atau ruhani manusia itu hanya akan menjadi kuat dan kokoh dengan ibadah yang menghubungkannya dengan Sang Pencipta Kehidupan.Jika jiwa atau ruhani itu kokoh, maka karakter karakter unggul akan lebih mudah dibentuk secara kokoh diatasnya.

3.Karakter akan terus mengalami pertumbuhan kualitasnya.

Seperti juga otot dan tulang ditubuh kita, semua karakter unggul itu juga bisa menguat dan mengalami pemadatan didalam diri kita di sepanjang moment moment kehidupan yang kita jalani dengan cara kita meningkatkan kesadaran terhadap peran positifnya dalam membawa kita kearah kesuksesan hidup.

Denga logika seperti itu, kita selalu berkepentingan meningkatkan kualitas karakter unggul kita itu bersama bertambahnya tanggung jawab dan tantangan hidup yang kita terima.

4.Selalu ada sosok yang berperan menumbuhkokohkan karakter.

Karakter karakter unggul yang kita miliki sesungguhnya merupakan hasil proses duplikasi atau peniruan yang kita lakukan secara sadar maupun tidak sadar terhadap sosok yang hadir dalam interaksi sosial emosional secara langsung maupun tidak langsung.

Menjaga agar selalu terhubung dengan sosok pembangun karakter itu, akan sangat membantu proses pembentukan karakter itu berlangsung konsisten

5.Lingkungan punya peran besar dalam proses pembentukan karakter.

Seperti sebuah tanaman, semua karakter unggul juga memerlukan lingkungan pertumbuhan yang sehat dan supportif agar semua karakter unggul itu bisa berkembang semakin bermutu.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *