Pekerjaan–Pekerjaan Kecil yang Meluaskan Kehidupanmu

Nov 02

2013 11 04 2013114 16432 ac3ff6fa3b067883023123dcbb221c06 large

ini mungkin hal hal kecil, tetapi pertimbangkanlah untuk melakukannya.

1. Saat bertemu tukang parkir sepeda motor atau mobil sempatkanlah ngobrol dengannya. Dan akhiri pembicaraanmu bersamanya dengan harapan,”Semoga hari ini rezekinya dimudahkan dan diluaskan Allah pak”, . Atau dengan kalimat kalimat harapan yang lain.

2. Di ruang tunggu di bandara, di terminal bus dan bemo, atau di stasiun kereta api, jika berkenalan dengan orang yang sama sama hendak berpergian, berkenalanlah, lalu ketika hendak berpisah, sampaikanlah kalimat,”semoga perjalanan anda lancar, semoga Tuhan melindungi anda selalu …, dan memudahkan semua urusan anda. .”

3. Engkau mungkin menginap disebuah hotel karena acara kantor yang harus engkau ikuti di hotel itu. Cobalah berkenalanlah dengan office boy nya, atau bagian cleaning service nya, atau petugas securitynya. Dengarkanlah pengalaman hidupnya. Berikanlah perhatian tulus kepadanya. Bahkan berikan pujian tulusmu kepadanya atas berbagai keberhasilan hidup yang diceritakannya kepadamu. Lalu jangan lupa engkau mengatakan,”Saya senang berkenalan dengan bapak. Saya bersyukur bisa mendengar kisah hidup perjuangan bapak. Semoga pekerjaan dan keluarga bapak selalu mendapatkan kemurahan dari Allah”.

4. Kalau engkau datang atau pulang dari masjid, sapalah anak anak kecil yang juga ikut sholat di masjid dengan ucapan,”Assalamualaikum adik adik …”

5. Jika dikawasan tempat engkau melakukan olah raga pagi semisal jalan atau lari pagi cobalah ringankan dirimu untuk menyapa orang yang kau temui yang juga berolah raga atau yang todak dengan,”Assalamualaikum pak. .”atau”…sealamat pagi pak. .”atau”…monggo pak …”.

6. Jika engkau pulang ke komplek perumahanmu, dan engkau bermobil, bukalah kaca samping mobilmu, dan dahuluilah menyapa secara tulus para petugas security di perumahanmu dengan ucapan salam, atau sapaan tulus lainnya yang penuh keakraban dan persahabatan.

Daftarnya mungkin bisa engkau perpanjang …ya hal hal sederhana seperti kututurkan di atas mungkin terlihat sepele, tetapi melakukannya dengan penuh ketulusan dan persahabatan akan membuat hidup terasa lebih luas melebihi kenyataan aslinya.

Itu yang kupelajari dari orang orang yang begitu banyak merasakan asam garam kehidupan dalam mencari kebahagiaan.

Satu komentar

  1. Jajang Marhendra /

    power full sekali advise-nya Ustadz…terima kasih & salam..

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *