Mutiara Hikmah Saat Pulang Kampung

Jul 30

res_lake-village

Kita setidak tidaknya bisa menyerap lima hikmah berikut saat sekarang kita menjalani rutinitas tahunan pulang kampung ketika kita merayakan hari raya idul fitri:

1.Pulang kampung bisa mengingatkan kita bagaimana seluruh lingkungan pergaulan dan pertumbuhan kita di masa lalu pada akhirnya MEMBENTUK dan MENUMBUHKEMBANGKAN hingga kita menjadi DEWASA serta BRRHASIL seperti sekarang ini.

2.Dalam rentang diatas 10 tahun setelah kita meninggalkan kampung halaman dimana kita dilahirkan karena meneruskan studi ke perguruan ringgi atau memilih langsung bekerja, kita mulai menyadari betapa besarnya pengaruh ” KEYAKINAN HIDUP , CARA BERPIKIR , SIKAP , KEBIASAAN HIDUP , KEBERANIAN MENGAMBIL KEPUTUSAN serta MENJALANI KEPUTUSAN HIDUP” itu ,dalam mengarahkan kita hingga menjadi seperti sekarang ini.

3.Segala bentuk KEGAGALAN KARIR KERJA , KERETAKAN RUMAH TANGGA dan KERETAKAN HUBUNGAN SOSIAL selalu bermula dari KETIDAKMAMPUAN KITA dalam MENGONTROL dan MENGENDALIKAN DIRI untuk memiliki KEYAKINAN , CARA BERPIKIR , SIKAP dan KEBIASAAN HIDUP MULYA DAN UNGGUL terutama sebagaimana diarahkan oleh AGAMA.

4.Perubahan – perubahan besar yang terjadi di kampung halaman kita selain secara besar besaran digerakkan oleh FAKTOR EKSTERNAL terutama oleh KEHADIRAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI seperti RADIO , TV dan HANDPHONE , juga digerakkan oleh FAKTOR INTERNAL MASYARAKAT KITA terutama oleh mereka yang BERHARTA , BERILMU dan BERKUASA.

5. Ukuran keberhasilan kita setelah lama meninggalkan kampung halaman kita tidak ditentukan semata mata oleh SEBERAPA BERHASIL KITA secara PERORANGAN tetapi terutama sangat ditentukan oleh SEBERAPA BERGUNA dan SEBERAPA BESAR kita MEMBERI MANFAAT bagi sesama saudara kita di kampung halaman kita itu.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *