Menulis itu Menyenangkan!

Sep 06

Menulis menyenangkan

Menulis itu akan menjadi begitu menyenangkan, jika aktifitas menulis ini kita gunakan untuk:

Pertama: mencatat informasi, melaporkan peristiwa, mendokumentasikan ilmu yang kita peroleh dari studi di sekolah atau dikampus.

Letak menyenangkannya terutama didapat ketika kita membuka ulang catatan, laporan atau dokumentasi itu pada suatu waktu kemudian, kemudian kita menemukan “tanggal ” pembuatannya. Seketika itu kita merasa menjadi SAKSI SEJARAH yang sedang melakukan PENDOKUMENTASIAN SEJARAH.

Kedua: menjelaskan tanggapan dan sikap kita terhadap sebuah persoalan yang sedang terjadi, bagaimana kita memikirkan dan mengajukan solusi implementatifnya.

Kita akan merasa senang dengan aktifitas menulis seperti ini sebab akan menumbuhkan dan memberi “rasa ada ” pada diri kita, tidak hanya sebagai SAKSI SEJARAH seperi saya sebut diatas tetapi juga sebagai orang yang BERPIKIR dan BERSIKAP terhadap SEJARAH.

Ketiga: membagikan ide, gagasan, pengalaman, ilmu dan keahlian yang kita miliki kepada orang lain.

Saya pernah membaca kisah hidup seorang yang berprofesi sebagai tukang renovasi rumah.Ketika ia mengalami kecelakaan berat dan fatal yang menyebabkan ia terbaring dan dirawat intensif di rumah sakit,maka ia mengisi hari hari nya di rumah sakit itu dengan menulis kan bagaimana cara merenovasi rumah dengan cara dan biaya yang efektif, efisien.Tulisannya itu kemudian dibukukan.Dan diluar dugaan buku itu menjadi best seller.

Kita akan merasa senang dengan aktifitas menulis seperti ini karena kali ini kita merasa semakin punya EKSISTENSI dan HARGA DIRI sebab bisa menjadi GURU YANG BERMANFAAT bagi orang lain dibidang yang amat kita kuasai.

Keempat: melahirkan kesadaran dan keinsyafan, menumbuhkan inspirasi dan motivasi serta menggerakkan orang lain untuk berubah menjadi semakin BAIK dan BENAR.

Tulisan yang dibutuhkan disini bukan sekedar tulisan yang memenuhi syarat syarat kepantasan keindahan berbahasa, tetapi yang lebih penting adalah tulisan yang sudah menjadi KENYATAAN HIDUP penulisnya.

Letak menyenangkannya adalah karena kita bisa menjadi REFORMER bagi kehidupan diri sendiri dan orang lain yang secara TULUS dan penuh DEDIKASI mau berbagi apa yang sudah kita lakukan lewat tulisan.

Setidak tidaknya empat hal itu yang membuat saya merasakan sensasi kesenangan ketika dan sesudah menulis.Tentu masih banyak lagi yang belum bisa saya ungkap.Hal hal lain tentang menulis semoga bisa obrolkan lagi besok atau pada kesempatan lainnya.

Teman teman sebagaimana sebuah sumur semakin airnya ditimba semakin berlimpah jumlah air yang bisa dikeluarkan serta semakin jernih air itu.

Begitu juga menulis, semakin sering kita menulis semakin banyak yang kita gali dari dasar SUMUR JIWA kita berupa ilmu, kearifan dan kebijaksanaan serta semakin JERNIH cita rasanya.

Bismillah mari kita mulai melakukannya dengan nama NYA dan karena NYA.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *