Mengembalikan Kebugaran Ruhani

Jul 11

“Tidak ada sesuatu yang paling bisa memberikan kelezatan dan kenikmatan bagi pikiran, perasaan, hati dan jiwa manusia, melebihi saat saat terhubung dan dekat dengan PENCIPTA KEHIDUPAN”.

Salah satu pengalaman menarik setelah saya menulis buku pertama saya MENCIPTAKAN KEAJAIBAN HIDUP adalah sebuah SMS yang datang dari seorang teman yang bekerja di STARBUCK COFFEE Tunjungan Plaza Surabaya,yang telah membaca buku pertama saya itu.

Lewat SMS nya itu dia meminta saran saya bagaimana cara dia mengatasi melorotnya semangat kerjanya, kejenuhan yang dialaminya, serta kemalasan ibadah yang tiba tiba merasuki pikiran, perasaan dan jiwanya. Dia mengaku merasa berdosa atas keadaannya ini. Akan tetapi dia tidak tahu apa yang harus dikerjakannya.

Saya lalu membalas dan menjawab agar teman saya itu melakukan salah satu dari dua hal berikut ini:

1.Segera melakukan aktifitas mengingati, menyebut, mengulang-ulang dan mengagungkan nama dan sifat Tuhah Semesta Alam Yang Maha Esa

2.Membaca ayat-ayat dari kitab suci Nya walaupun yang paling pendek sekalipun.

Saya mengatakan kedua duanya akan segera memberikan efek pemulihan dan penyegaran bagi ruhani atau jiwanya kira kira setelah 10-15 menit kemudian .

Mengapa saya memberikan saran seperti? Pikiran, perasaan, hati dan jiwa orang orang yang begitu disibukkan dengan berbagai urusan dan kesibukan kerja cenderung akan LENGKET dengan pekerjaan atau urusan itu. Dalam keadaan seperti itu hanya akan mengurangi DAYA TAHAN dan KEBUGARAN pikiran, perasaan, hati dan jiwa manusia. Lalu terjadilah kebosanan, kejenuhan, kemalasan, keengganan yang bisa melumpuhkan jiwa manusia karena enggan melakukan berbagai kebaikan

Nah menghubungkan kembali diri manusia kepada TUHAN yang telah memberinya pikiran, perasaan, hati dan jiwa akan kembali MENGOKOHKAN nya, sebab sudah menjadi kodrat yang telah dilekatkan TUHAN kepada manusia saat DIA memasukan RUHANI kedalam TUBUH manusia, manusia akan tumbuh sebagai makhluk yang selalu merindukan dan ingin kembali kepada PENCIPTA KEHIDUPAN .

Nah agama yang dibawa oleh rasul utusan NYA memberi kita manusia petunjuk dan penerang jalan kehidupan yang bisa mengobati dahaga jiwa manusia untuk selalu rindu dan dekat dengan PENCIPTA KEHIDUPAN melalu serangkaian ibadah yang sudah ditetapkan NYA untuk kita lakukan.

Setelah saya membalas SMS teman tersebut diatas, saya mendapatkan ajakan untuk bertemu langsung dengannya. Dia ingin berdikusi langsung dengan saya dengan mengajak teman-temannya yang lain dikantornya. Tema diskusinya tentang buku pertama saya itu: MENCIPTAKAN KEAJAIBAN HIDUP. Tetapi sayang saya berhalangan untuk menghadirinya.

Saya hanya berharap saran saya diatas bisa membuka pikirannya untuk selalu bisa mengetahui apa yang harus dilakukannya untuk menyegarkan kembali ruhani atau jiwanya saat tiba tiba dia mengalami kebosanan, kelelahan, kemalasan dan keengganan bekerja dan beribadah.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *