Mengatur Rutinitas Harian Agar Kita Semakin Produktif

Mar 03

2013 03 03 +523238 3e21e9c05996fbde1427a96738178117 large

Saat saya ditanya oleh sejumlah teman bagaimana cara saya menyiasati diri agar tidak terjebak pada rutinitas harian yang tidak produktif, saya memutuskan untuk menulis tulisan berikut.

Walaupun lewat tulisan ini, saya masih yakin cara cara berikut ini memang saya nilai sangat personal, tetapi semoga sedikit memberi inspirasi bagi teman teman semua.

Pertama: Saya Berusaha Memiliki Target.

Ini biasa saya tulis dibuku agenda saya. Biasanya saya tulis sebagai target tahunan. Walaupun saya termasuk orang yang tidak terlalu disiplin dalam mengontrol diri dengan pencapaian target pada setiap bulannya, tetapi minimal 5-6 bulan sekali target yang saya tulis itu selalu membantu saya untuk menjaga agar rutinitas aktifitas saya bisa saya jaga efektifitas, efisiensi dan produktifitasnya.

Kedua: Saya Berusaha Membangun Rasa Tidak Puas Konstruktif.

Yang saya maksud dengan RASA TIDAK PUAS KONSTRUKTIF adalah rasa yang berusaha saya tumbuhkan didalam diri saya bahwa saya yakin masih bisa menghasilkan karya karya yang jauh lebih baik dan lebih berkualitas lagi melebihi dari yang sudah berhasil saya capai.

Dengan begitu saya cenderung memanfaatkan rutinitas harian saya agar bisa menghasilkan sesuatu YANG SAYA YAKINI bisa lebih baik dari yang sekarang.

Ketiga: Membandingkan Diri Saya Secara Positif dan Konstruktif

Hobi membaca berbagai media cetak dan media elektronik memungkinkan saya mengetahu dan mengenali lebih jauh banyak SOSOK BERHASIL dari berbagai bidang kehidupan dengan beragam latar belakang pendidikan, ilmu, keahlian serta kondisi kehidupannya. Saya memanfaatkan pengetahuan terhadap semua SOSOK BERHASIL itu untuk MEMBANDINGKAN SAYA dengan MEREKA apakah saya bisa MENCAPAI DAN MERAIH PRESTASI seperti mereka.

Dengan cara itu, saya terbantu menjaga rutinitas harian saya untuk tidak berjalan tanpa hasil serta tanpa kemajuan.

Keempat: Saya Memegangi Prinsi untuk Memawa Diri Anda Lebih Maju dari Waktu ke Waktu.

Kadang kadang saya lupa dengan cara cara yang sudah saya tulis diatas. Tetapi dengan berprinsip SAYA HARUS BISA SEMAKIN MAJU SECARA BERTAHAP DARI WAKTU KE WAKTU, maka saya sangat terbantu mengelola rutinitas harian saya menjadi rutinitas yang produktif walaupun sekedar maju selangkah.

Kelima: Mengatur Alokasi Energi Saya Agar Produktif.

BERIBADAH, BELAJAR dan BEROLAHRAGA adalah aktifitas aktifitas harian yang berusaha saya jaga mutunya. Karena lewat ketiga aktifitas tersebut saya bisa memperoleh ENERGI BEKERJA yang luar biasa untuk bisa mengelola kesibukan pekerjaan pekerjaan saya dengan lebih efektif, efisien dan produktif.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *