Memahami dan Mengelola Gelombang Perubahan

Aug 21

Perubahan

“Jika kita mengerti apa yang sedang berubah di sekitar kita , kita juga akan mengetahui apa yang harus kita pikirkan , sikap unggul seperti apa yang harus kita tampakkan dan tindakan terbaik apa yang harus kita lakukan untuk mendayagunakan perubahan itu secara benar dan maksimal “

Saya yakin teman teman yang mudik selama beberapa hari menjelang dan sesudah hari raya tahun ini pasti memiliki sejumlah keheranan mengapa di desa kelahirannya begitu banyak terjadi perubahan

Saya tiba tiba tertarik menyusun daftar pertanyaan berikut untuk memahami perubahan yang terjadi didesa saya.Teman teman bisa menggunakannya untuk juga memahami perubahan yang terjadi didesa teman teman .( Saya berasumsi semua teman teman punya desa tempat mudik )

A.Bagaimana dari sebuah desa kecil tempat kita dilahirkan muncul orang orang berhasil dan beprestasi diberbagai bidang kehidupan.?

Pertanyaan ini sengaja saya ajukan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu pada kita masing masing bagaimana prosesnya sampai satu demi satu orang yang tinggal satu desa dengan kita bisa meraih keberhasilan dibidangnya masing masing sesuai dengan kadar usahanya masing masing.

1.Apakah mereka berhasil setelah menempuh proses pendidikan tertentu ? 2.Apakah mereka berhasil setelah menekuni bisnis tertentu dari kecil hingga membesar ? 3.Apakah mereka berhasil karena bekerja ikut orang lain lalu secara bertahap memisahkan diri dan membangun usahanya sendiri ? 4.Apakah mereka berhasil karena meneruskan usaha orang tua nya ? 5.Ataukah mereka bekerja sebagai PNS yang mengalami kenaikan jenjang karir ?

B.Darimana munculnya kesadaran berprestasi , atau tumbuhnya visi ingin lebih maju ?

Pertanyaan ini saya ajukan untuk menelusuri lebih jauh mengapa tiba tiba orang orang didesa kita mengalami dan memiliki kesadaran untuk maju dan berubah

1.Apakah karena desakan tanggung jawab ekonomi keluarga ? 2.Apakah karena berkesempatan mengeyam pendidikan lebih tinggi ? 3.Apakah karena ingin menolong orang lain ?

C.Apa saja sarana pelecutnya dan seberapa besar pengaruh teknologi informasi dan komunikasi membantu proses kemajuan sesorang ?.

Pertanyaan pertanyaan ini bisa kita gunakan untuk memahami proses pengembangan dan pematangan kemampuan sehingga orang orang didesa kita mampu meraih keberhasilan mereka masing masing.

1.Apakah mereka yang berhasil itu mendapatkan support keberhasilannya dari memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi ? 2.Apakah mereka memanfaatkan mengikuti forum forum pengembangan diri dibidang kepemimpinan , organisasi , kuangan dan lail lain untuk mengasah dan meningkatkan performa dan kinerja mereka ?

D.Apa yang terjadi setelah sejumlah orang mengalami perubahan menjadi lebih berpendidikan , lebih kaya , lebi berkedudukan?

Nah ini dia bagian pentingnya.Setelah kita hampir 20 tahun lebih meninggalkan desa tempat kita dilahirkan banyak yang berubah , terutama tentang siapa yang bisa melakukan apa dan siapa yang bisa mempunyai pengaruh sekuat apa didalam skala kehidupan desa.

E.Apa saja kah faktor yang membuat masyarakat didesa kita menjadi lebih pragmatis , hedonis , dan materialis dan cenderung mulai melupakan agama secara pelan pelan tanpa sadar? Dan usaha apa saja yang sudah dilakukan oleh para tokoh didesa kita untuk membendungnya ?

Pertanyaan ini penting untuk kita ajukan agar kita mengerti penyebab pergeseran gaya dan kebiasaan hidup saudara saudara di desa kita.

Semoga dengan mencoba melakukan pemahaman seperti itu kita tidak lagi sekedar MENYALAHKAN KEADAAN , tetapi kita bisa MENYIAPKAN CAHAYA PENERANG ditengah jalan kehidupan yang semakin gelap karena jauh dari jalan TUHAN .

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *