Memahami dan Mengarahkan Pengendali Kehidupan Kita

Sep 16

Scenery  1206123942isFlttq

Saya mencari cari apa sesungguhnya yang menjadi pengendali seluruh sepak terjang hidup saya dan kehidupan kita semua.

Sebab dengan bisa menemukan pengendalinya berarti saya bisa mengetahui bagaimana saya bisa melakukan perubahan padanya, merubah arah hidup dan hasil hasil kehidupan yang bisa saya saya raih.

Dengan begitu saya juga bisa membantu orang lain untuk melakukan hal yang sama. Saya akhirnya memahami bahwa KARAKTER lah rahasianya.

Karakter adalah seperangkat keyakinan, cara berpikir, bersikap dan berprilaku yg secara spontan mengarahkan tindakan tindakan seseorang dalam hidupnya.

Walaupun pada kenyataannya yg lebih dahulu nampak untuk diamati adalah sikap dan prilaku, akan tetapi keduanya dipengaruhi sepenuhnya oleh keyakinan dan cara berpikir seseoarang dalam dirinya.

Karakter karakter itulah yang kemudian secara permanen nampak dan muncul sebagai kebiasaan hidup yang kita kenali.

Nah dengan cara berpikir seperti diatas maka karakter karakter yg selalu kita butuhkan untuk bisa berhasil dalam bidang apapun, serta dalam situasi apapun adalah sebagai berikut: keyakinan, ketulusan,,kekuatan harapan, daya tahan dan kesabaran, kesetiaan,disiplin diri, kelapangan dada, keberanian, kontrol diri, tanggung jawab, empati dan kepedulian, hormat, berbagi secara tulus, selalu memperbaiki diri, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan dengan cara berpikir seperti diatas, kita sekarang dapat memahami, umumnya orang orang yang gagal dalam berbagai bidang,beragam persoalan, dan di banyak momentum kehidupan adalah mereka yang tidak memperlengkapi diri dengan sejumlah karakter tersebut dalam kehidupannya.

Bagaimana Karakter Kita Terbentuk?

Semula bermula dari diserapnya nilai kedalam diri kita dari segala sesuatu yang kita dapatkan dari mendengar, melihat, merasakan, berpikir, melakukan tindakan dan pengalaman hidup yang kita jalani.

Akumulasi serapan nilai itu pada akhirnya akan menyadarkan kita tentang mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang menguntungkan bagi kita, dan mana yang justru merugikan, mana yang memberi manfaat dan mana yang mencelakakan, mana yang membahagiakan dan mana yang menyiksa batin kita.

Kesadaran ini lalu kita simpan dalam memori diri kita, dan sepanjang waktu yang kita jalani ia akan mengalami proses pematangan terutama melalui interaksi yang intensif dengan lingkungan pertumbuhan hidup kita

Kesadaran tersebut kemudian mewarnai corak keyakinan dan cara berpikir kita, sebelum kemudian kita mulai mengambil keputusan bersikap, bertindak dan berprilaku secara permanen untuk setiap peristtiwa dan kejadian yang menuntut respon kita.

Apabila kemudian terjadi proses pengulangan yang terus menerus pada corak keyakinan, cara berpikir, cara merasakan, bersikap dan bertindak kita, maka kita akan mengalami proses pematangan karakter dalam diri kita

Memahami proses pembentukan karakter seperti ini akan sangat membantu kita. Semoga.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *