Manusia-manusia Menakjubkan di Sekitar Kita

Oct 01

121001 scenery 1217047799fXQQQdl

Sepekan terakhir ini saya membuka buka dokumen dokumen informasi dan pengetahuan yang saya himpun dari berbagai sumber. Mulai dari buku buku fiksi, buku buku non fiksi, majalah, koran, file video yang saya rekam dari siaran siaran TV maupun file video dari hasil mendownload dari berbagai situs di internet.

Ada beberapa sosok yang menurut saya, penggalan kisah hidupnya layak untuk saya bagikan kepada teman teman karena bisa menumbuhkan inspirasi untuk melakukan perbuatan mulya serta motivasi untuk tidak menyerah dengan kelamnya kehidupan.

Sosok sosok itu adalah :

Pertama : Seorang pengajar muda dalam Program Indonesia Mengajar periode 2011, Diastri Satriantini,alumni UNAIR Surabaya.

Ia mengisahkan karangan karya muridnya yang bernama Foni tentang kejujuran yang berhasil menjadi finalis mewakili Kabupaten Maluku Tenggara Barat pada acara Konferensi Anak Indonesia 2011 di Jakarta.

Konferensi yang diadakan antara Majalah Bobo dan Indonesia Mengajar itu akan memilih 36 anak dari seluruh Indonesia, yang seleksinya dilakukan dengan cara memilih karangan tentang kejujuran dalam kehidupan nyata anak anak itu yang dikirimkan mereka.

Pengajar muda berjilbab itu mengisahkan :

” Ceritanya, pada suatu hari ia ( Foni ) dan teman temannya pergi mencari kayu bakar di hutan. Dalam perjalanan pulang, salah satu dari mereka tidak sengaja menginjak tanaman keladi milik Pak Batlajangin.

Merka pun memutuskan untuk diam saja dan tidak mendatangi pemilik kebun untuk mengaku bersalah.

Satu kalimat tulisan Foni di karangan itu berbunyi : ” Aku mau kasih tahu Pak Batlajangin, tapi aku tidak suka melihat temanku dipukul orang, aku jadi sedih melihat mereka sedih “.

Demikian penggalan kisah unik Dian tentang muridnya.

Gadi berjilbab ini mengomentari tulisan Foni diatas dengan mengatakan : ” I thought it was a pretty powerful sentence ( Saya pikir ini adalah kalimat yang penuh kekuatan dan indah ) “

Kedua : Drajad Ginanjar Kusmayadi yang pengguna narkoba dan terinveksi HIV positif, yang secara menakjubkan berhasil bangkit dari kekelaman hidupnya.

Inilah penuturannya : “Nama saya Ginan. Saya pengguna NAPZA.Dan sudah 11 tahun hidup dengan HIV Aids. Saya juga pernah overdosis 3 kali. Hampir mati. Tapi alhamdulillah masih hidup sampai sekarang.

Karena saya kecanduan jadi saya memang membutuhkan uang dan saya belum bekerja.Saya masih sekolah. Yang saya lakukan adalah hal hal yang berbau kriminal.Gitulah

Dari situlah yang membuat saya ngerasa bahwa wah ternyata narkoba menyetir hidup saya. Saya sudah tidak punya teman. Saya sudah tidak punya masa depan.Saya sudah tidak punya kehidupan.

Yang paling membuat saya ingin berhenti atau merubah titik balik hidup saya adalah ketika saya merasa bahwa saya tidak memiliki diri saya sendiri.Saya tidak bisa menemukan diri saya sendiri.Dan saya tidak mempunyai kuasa terhadap diri saya sendiri.

Ini ndak benar. Harus ada tindakan yang saya lakukan pada diri saya sendiri…toh ini bukanlah akhir dari segalanya. … Dari pada saya harus capek membuang energi terhadap masa lalu saya yang sudah terjadi, lebih baik saya fokus terhadap hari ini. Apa yang bisa saya lakukan yang terbaik pada hari ini “

Teman teman bermula dari kesadaran seperti itulah dia berjuang sekuat tenaga untuk melepaskan diri dari narkoba yang membuatnya terinfeksi HIV Aids. Dan secara bertahap dia berhasil lepas dari jeratan mematikan narkoba itu.

Melalui perjuangan yang tidak kenal lelah bahkan dia bersama timnya berhasil tampil pada Kejuaran Sepak Bola Homeless Cup di Paris 2011 lalu. Tim sepakbolanya berhasil menempati urutan ke 6.Tetapi yang membanggakan dia terpilih menjadi PEMAIN TERBAIK pada turnamen itu

Teman teman, besok pagi semoga saya bisa menambahkan kisah hidup sosok sosok menakjubkan yang lain. InsyaAllah.

Satu komentar

  1. mohon dijawab ya pak.. kalo misynlaa saya gagal dalam kegiatan trading tersebut kemudian modal yang dikasih (sebesar $5) tersebut habis.. apakah saya wajib deposit? dan bagaimana kalo saya memutuskan tidak deposit? apakah proses trading saya terotomasi berlanjut? kalau begitu kan bisa2 uang saya min? trus dari pihak marketiva ngeluarin tagihan ngga buat saya?identitasnya kan bener2 kalo saya gagal trading jangan2 malah terlibat hutang dengan berbagai pihak? kalo saya tidak lagi mampu deposit jangan2 saya terus ditagih utuk bayar???? saya ngga suka yg sprti ini pak..jujur, saya agak ragu karena penawaran ini sedikit aneh menurut saya mohon pencerahan pak

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *