Mampu Menghadapi dan Mengatasi Berbagai Kesulitan Hidup

Jan 22

2013 01 22 +scenery 1228695688nGmanhK

Saya terilhami menulis tema ini bukan saja hanya karena berbagai kejadian bencana yang semakin sering kita hadapi belakang ini, tetapi yang lebih penting sesungguhnya karena KEADAAN KEADAAN SULIT, DARURAT, BENCANA, DAN GELOMBANG KESULITAN HIDUP LAINNYA akan selalu kita hadapi dalam kadar dan intensitasnya yang berbeda oleh masing masing kita kelak.

Belajar dari semua orang yang pernah berhasil mengatasi KEADAAN KEADAAN SULIT, DARURAT, BENCANA, DAN GELOMBANG KESULITAN HIDUP LAINNYA, setidak tidaknya inilah yang bisa kita lakukan ketika kondisi itu benar benar datang:

1. Memahamkan diri bahwa Yang Maha Mengatur Mutlak kehidupan ini adalah Yang Maha Menciptakan Kehidupan dan Yang Maha Memiliki Kehidupan itu sendiri.

Inilah kesadaran awal dan fundamental yang harus kita usahakan agar semakin merasuk kedalam pikiran, perasaan, hati dan diri kita secara keseluruhan

2. Menyadarkan diri bahwa siklus kehidupan atau roda kehidupan selalu diputar olehNYA untuk kita sebagai hamba NYA

Membaca sejarah hidup kita sendiri dan sejarah hidup orang lain akan mempertemukan kita dengan fakta bawa kita mengalami pergiliran kondisi kondisi kehidupan dari bawah ke atas atau sebaliknya, dari miskin menjadi kaya atau sebaliknya, dari orang biasa menjadi berkuasa atau sebaliknya, dari masa masa penuh tangis dan airmata menjadi penuh kebagiaan atau sebaliknya, dari keadaan penuh kekalahan menjadi mendapat anugrah kemenenangan dan semacamnya.

Itulah yang harusnya semakin menebalkan keyakinan kita akan fakta PERGILIRAN SIKLUS KEHIDUPAN itu akan terjadi dimasa masa berikutnya.

3. Mengikatkan dan melekatkan diri semaksimal mungkin kepada Yang Maha Kekal, dan tidak membiarkan diri terlalu diikat oleh sesuatu yang selalu berubah dan berganti

Memang menjadi kodrat kita menyukai dan mencintai harta, lawan jenis, kedudukan, reputasi dan dunia segala isinya. Tetapi tetaplah mengontrol diri agar diri kita tidak lengket dan tidak terikat secara berlebihan sehingga akhirnya SUSAH SEKALI MELEPASKAN DARINYA, saat itu semua tidak tersedia bersama kita.

4. Dalam situasi normal selalu menggembleng diri agar semakin memiliki kekuatan dan ketangguhan pada semua sisikepribadian kita.

Apa yang bisa dan mampu kita lakukan pada situasi sulit sangat dipengaruhi oleh apa yang bisa kita dipersiapkan pada masa masa normal pada aspek jasmani, ruhani dan pemikiran

5. Pelajarilah prosedur penanganan situasi krisis.

Dari waktu ke waktu semakin banyak sumber sumber pembelajaran tentang prosedur penanganan situasi situasi krisis, bencana dan darurat yang bisa kita pelajari dan kemudian kita praktekkan sendiri dalam kehidupan pribadi kita.

6. Belajarlah untuk sanggup bekerja dan hidup dalam segala situasi

Jika kita bisa bekerja dengan segala kelengkapan sarana dan penuh dukungan dari berbagai pihak itu sih biasa biasa saja, tetapi jika mampu berlatih sehingga sanggup bekerja tanpa sarana yang lengkap dan tidak banyak dukungan, itu baru luar biasa.

7. Berpikir tenang, jernih, bertindak penuh kesabaran dan tidak kenal menyerah ketika sudah berada dalam situasi sulit.

Ini hanya mungkin kita lakukan jika kita semakin dekat dengan Yang Maha Mengatur Kehidupan, Allah SWT, melalui munajat, ruku dan sujud kita kepada Nya, serta mendayagunakan semaksimal mungkin seluruh wawasan, pengetahuan dan keahlian serta jaringan yang kita miliki untuk mengatasi kesulitan dan kondisi darurat yang kita hadapi.

Semoga lewat berbagai kesulitan hidup yang sanggup kita hadapi serta kita atasi dengan ijin Nya, Allah menjadikan kita sebagai hamba hamba Nya yang bertambah kuat dan kokoh, sehingga kita bisa mampu mewujudkan amanah besar yang diletakan Nya dipundak kita.

Satu komentar

  1. M Tommy Wardhana /

    Bila kita mau berpikir segala sesuatu yg kita alami baik suka maupun duka, adalah untuk kebaikan kita sendiri. Hal2 baik kita pertahankan bahkan ditingkatkan, yg buruk kita jauhi & tidak kita ulangi lagi. Pengalaman hidup sebagai guru paling baik bagi kita dalam menjalani hidup di dunia ini, dengan tetap mengikuti aturan2 yg diciptakan Sang Maha Pencipta.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *