Lihatlah Selalu dari Sisi yang Berbeda

Apr 11

2013 04 11 +292051 1f011a8079a0650e35f9c07f68e5d5a8 large

Tidak ada satupun diantara kita yang tidak menghadapi satu masalah dalam hidup ini. Masalah masalah itu datang silih berganti satu demi satu kedalam kehidupan kita. Bahkan kadang datangnya bersamaan.

Sebagian masalah itu bisa kita prediksi datangnya, sehingga kita bisa menyiapakan diri menghadapinya. Tetapi sejumlah masalah justeru hadir dalam kehidupan kita, tanpa bisa kita duga, sehingga menggoncangkan pertahanan diri kita dalam menghadapinya. Tetapi yg membedakan diantara masing masing kita adalah kemampuan kita melihat dan bersikap terhadap masalah masalah tersebut.

Masalah yang kita hadapi sesungguhnya merupakan:
1. Pertanda akan adanya kenyataan hidup. Saat kita menghadapi masalah, berarti kita hidup didalam dunia nyata. Hidup yg tanpa masalah bukanlah kehidupan yang sesungguhnya. Hanya saja jangan menantang Tuhan dengan meminta masalah kepada Nya.

2. Cara Tuhan untuk mendewasakan kita sebagai hamban Nya agar semakin sanggup menunaikan amanah amanah Nya. Masalah masalah itu hadir kedalam kehidupan masing masing kita, ternyata pada akhirnya semakin menyadarkan kita akan perlunya kita menjadi lebih kuat dari masalah yang kita hadapi dengan cara bisa bertahan atas hantamannya, dapat memahami kerumitannya, mampu menemukan jalan keluarnya, serta sanggup bernafas panjang untuk, mengatasinya.

3. Media pengukur diri untuk melihat sisi sisi kepribadian mana dari diri kita yang harus diperbaiki dan disempurnakan. Masalah masalah hidup kita itu biasanya memberi kita pekerjaan rumah, setelah membentur kita dan menimbulkah kerusakan disana sini pada diri kita baik secara fisik maupun secara psikis. Dari sini kita biasanya tahu bagian dari kepribadian kita yang harus diperbaiki. Persis seperti pemilik mobil yang tahu bagian mana dari mobilnya yang harus dipermak ulang setelah beberapa bagian dari body mobil menjadi ringsek oleh berbagai benturan fisik

4. Kesempatan yg disediakan Tuhan agar kita terbiasa melihat sebuah persoalan dari sisi yg berbeda. Masalah masalah dalam hidup kita ternyata datang tidak sekali disetiap bidang kehidupan kita. Kenyataan ini membuat kita bisa melihat dan memahami masalah masalh itu dari cara pandang dan dari sisi yang berbeda, sehingga kita bisa memiliki pemahaman dan membuat pilihan penyelesaian masalah yang berbeda pula.

Ya Robbi beri kami kesabaran untuk mecari jalan keluar dari setiap persoalan hidup yang kami hadapi. Dan bimbinglah kami selalu dengan hidayah Mu.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *