LAKUKAN INI JIKA HARUS BALAS DENDAM

Jul 31

“Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik”(Ali bin Abi Thalib)

1.Secara natural kita selalu membutuhkan orang lain untuk dapat tumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang semakin matang dan dewasa.

2.Sebab kehadiran orang lain dalam kehidupan kita seperti keberadaan cermin yang selalu kita butuhkan secara fisik.

3.Cermin membantu kita bisa melihat seluruh bagian diri kita , yang tidak bisa dilihat langsung oleh mata kita.Bahkan cermin membantu kita bisa memperbaiki diri pada bagian bagian diri yang belumsempurna.Orang lain dengan seluruh kualitas dan keberadaannya adalah cermin hidup bagi kita.

4.Teatapi pada saat yang sama kadang kita tidak memperlengkapi diri dengan berbagai sikap serta prilaku yang bisa membantu kita memanfaatkan keberadaan orang lain bagi kebaikan dan kemajuan hidup kita dengan cara bercermin dari kehidupan mereka.

5.Balas dendam kita pada orang lain yang berlaku buruk pada kita sebenarnya merupakan kewajaran psikologis .Sebab siapapun pasti tidak suka jika ada yang memperlakukan kita dengan buruk.Kita juga pasti ingin membalasnya.

6.Hanya saja jika balas dendam itu diwujudkan dalam bentuk prilaku yang bisa menghancurkan orang lain sudah pasti kita akan memasuki situasi hubungan yang makin merugikan kita dan mereka.

7.Akan tetapi jika balas dendam itu, kita rupakan dalam bentuk ikhtiyar memperbaiki diri menjadi sosok yang lebih baik ,lalu kita berinteraksi kembali dengan orang yang berlaku buruk pada kita ,dengan interaksi berbeda yang lebih bermartabat ,pasti kita dan mereka lebih banyak mendapatkan manfaat yang positif dan konstruktif

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *