Kejernihan Berpikir

Feb 09

2013 02 10 +1257481029RG7YLwx

“Selain ketenangan, apa lagi yang semestinya ada pada seseorang ketika ia menghadapi banyak persoalan yang menghantam hidupnya?”

“Menurut saya orang dalam situasi seperti itu butuh KEJERNIHAN BERPIKIR setelah dia bisa bersikap TENANG”

“Apa yang kamu maksud dengan KEJERNIHAN BERPIKIR?”

“Kejernihan berpikir adalah kemampuan berpikir berdasarkan pemahaman terhadap segala situasi dan kondisi yang dihadapi dengan pemahaman yang akurat, detail dan lengkap serta memutuskan langkah langkah penyelesaian secara akurat, detail dan lengkap pula”

“Apa manfaat KEJERNIHAN BERPIKIR ini jika kita sebagai pribadi sedang menghadapi berbagai hantaman kesulitan hidup?”

“Itulah masalah yang sering terjadi dengan kita ketika dihadapkan pada berbagai kesulitan. Kita tidak bisa tenang. Pikiran, perasaan, hati dan jiwa kita tergoncang dan goyah. Akibatnya kita gagal memahami persoalan yang kita hadapi dengan PIKIRAN JERNIH. Kita tidak akurat dalam mencoba mengerti penyebab penyebab berbagai masalah yang menghantam kita. Kita tidak detail dalam menghimpun informasi tentang kesulitan yang kita hadapi itu. Kita juga tidak lengkap menghimpun berbagai informasi dari berbagai sumber dan sisinya?”

“Bisa dijelaskan secara lebih sederhana?”

“Ambil saja contoh tentang kesulitan ekonomi yang sedang kita hadapi. Umumnya kita langsung goyah, tergoncang, dan sedih ketika kita gagal berbisnis, usaha sedang lesu dan sebagainya. Semestinya kita tenang, lalu secara akurat dan detail mencari penyebab penyebabnya yang berasal dari dalam diri kita, juga mencari penyebab penyebabnya yang berasal dari luar diri kita dari segala sisinya”

“Apakah syarat yang dibutuhkan agar kita bisa BERPIKIR JERNIH?”

“Syarat utamanya KETENANGAN. Pikiran, perasaan, hati dan jiwa harus tenang terlebih dahulu.”

“Syarat keduanya?”

“Kekayaan wawasan, pengetahuan yang banyak dan kelengkapan informasi. Itu syarat keduanya. Itu semua bisa menjadi rujukan kita berpikir, titik tolak pengambilan keputusan dan merupakan sumber daya utama yang dibutuhkan untuk menyusun rencana tindakan untuk menyelesaikan masalah masalah yang kita hadapi”

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *