Keajaiban Empat Menit

Jul 10

Saya lupa persisnya ditahun berapa, tapi kejadiannya di Hotel Shangrila Surabaya. Waktu itu saya hanya punya waktu sekitar 4 menit untuk menyampaikan ceramah buka puasa pada acara buka puasa bersama yang diadakan oleh PT Indofood dengan mengundang wartawan dan karyawan mereka.

Selesai menyampaikan ceramah, Manajer SDM dari PT Indofood tersebut datang menyalami saya dan mengatakan, “Pak terus terang saya suka dengan materi yang bapak sampaikan walaupun saya beda agama dengan bapak.”

Waktu itu memang dalam ceramah selama 4 menit yang sangat pendek itu saya menyampaikan:

“Hadirin sekalian siapapun kita, dan apapun agama kita maka kebutuhan utama dan kebutuhan dasar kita sebagai manusia adalah sama. Kebutuhan utama kita sebagai manusia setidak tidaknya ada tiga.

Pertama: Kita semua butuh mengenal dan mengetahui siapa Tuhan yang telah menciptakan kita semua dan kehidupan dialam semesta ini seluruhnya. Kita meyakini Dia pasti Maha Sempurna sifat sifat Nya. Pasti Dia adalah Dzat Yang Maha Sempurna.

Kedua Kita butuh mengetahui bagaimana cara mendekat kepada Nya, memohon dan meminta kepada Nya, berdoa dan beribadah kepada Nya.

Ketiga: Kita membutuhkan petunjuk Nya agar kita bisa mengatur kehidupan yang kita jalani ini sebaik baiknya.

Saya sih merasa materi itu biasa-biasa saja, tetapi mungkin karena ketiga point yang saya sebutkan dalam ceramah itu dirasa oleh siapapun yang hadir pada acara buka puasa tersebut, adalah sesuatu yang benar benar mereka yakini sebagai kebutuhan dasar mereka walaupun mereka berbeda agama dengan saya, maka salah satu diantara yang datang kemudian memberikan apresiasi tulus seperti diatas

Teman-teman oleh karena itu saya selalu merasa percaya diri menyampaikan pesan pesan fundamental hidup yang ada dalam kitab suci Nya asal kita bisa memilih cara berbahasa yang BENAR, BIJAKSANA, dan TETAP MENGHARGAI MEREKA, serta dengan pembawaan diri yang penuh PERCAYA DIRI, TULUS, dan SANTUN.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *