Jangan Sampai Sumberdaya Kita Terkuras Tanpa Terasa Dan Sia Sia

Feb 03

2013 02 03 +scenery  1239886046EQx6mJv

Lingkungan bahkan dunia dimana kita dilahirkan dan dibesarkan selalu tidak sempurna. Ada saja yang menjadi kekurangannya. Tetapi seringkali secara pribadi kita sering tanpa kontrol menyalahkan lingkungan itu. Kita terlalu berlebihan memberikan keprihatinan kepada lingkungan yang tidak kita sukai iitu.

Tanpa sadar kebiasaan berlebihan seperti itu telah memberi dampak buruk sebagai berikut:

1. Energi, pikiran dan waktu kita terlalu banyak terkuras pada hal hal yang seringkali tidak bisa kita atasi dan tidak bisa kita temukan jalan penyelesaiannya karena bukan termasuk kedalam bidang keahlian yang kita kuasai. Atau bahkan tidak masuk dalam wewenang kita dalam menanganinya.

2. Sebagai akibat hal diatas, maka kita tidak punya jumlah energi, pikiran dan tenaga yang lebih memadai untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih bermutu dari waktu ke waktu.

3. Tanpa bisa kita hindari kemampuan kita menghadapi persoalan dan menemukan solusinya tidak bertambah bagus karena kita tidak mengalami pertumbuhan kualitas diri secara signifikan.

4. Dalam jangka panjang akhirnya kita tidak bisa menjadi pribadi yang memiliki DAYA PENGARUH, dan DAYA RUBAH yang maksimal dalam lingkungan kehidupan kita.

Oleh karenanya waspadalah terhadap jebakan mematikan ini.

Setidak tidaknya cara cara berikut bisa dipraktekkan, karena saya pribadi sudah menerapkannya:

1. Kembangkanlah dan berikanlah perhatian yang lengkap dan memadai terhadap kondisi lingkungan kita yang tidak sempurna.

2. Dari hal diatas cobalah hitung apa saja yang bisa dan sanggup kita kembangkan pada diri kita berupa ILMU, KEAHLIAN serta KESANGGUPAN serta SUMBERDAYA KEMAMPUAN LAINNYA untuk bisa kita gunakan menghadapi lingkungan kita yang tidak sempurna dan tidak mendukung itu.

3. Kembangkanlah KONTROL KEMAJUAN PERKEMBANGAN DIRI agar kita terus bisa mengimbangi kecepatan PERTUMBUHAN TANTANGAN yang harus kita hadapi.

4. Berdisiplinlah dengan kebiasaan SELALU MAU BELAJAR dan MAU MENYEMPURNAKAN DIRI SETAHAP DEMI SETAHAP menuju kepada KESEMPURNAAN DIRI.

(Tulisan ini saya buat ditengah tengah perjalanan pagi hari ke Nganjuk mengisi pengajian IKADI Nganjuk)

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *