Jadilah Semakin Berdaya, Jangan Cepat Puas

Jul 16

“Besarnya kekayaan yang bisa dimiliki oleh sebuah negara tidak ditentukan oleh besarnya sumber daya alam yang dimilikinya, tetapi amat ditentukan oleh sumber daya manusia kompeten yang mereka miliki”

Itulah salah satu kesimpulan yang bisa saya ambil dari buku: GOD WANT YOU TO BE RICH, karya seorang Dosen Ekonomi Amerika Serikat, Paul Zein Piltzer

Artinya negara tertentu bisa menjadi makmur tidak otomatis disebabkan oleh kandungan kekayaan alam yang dimilikinya, yang masih membutuhkan eksplorasi berteknologi tinggi.

Melihat Indonesia dengan menggunakan kesimpulan diatas, rasanya, kita tidak bisa membantahnya. Artinya kita masih harus terus memperbanyak jumlah SDM yang memiliki kompetensi tinggi agar semua anugrah sumber daya alam yang diberikan Nya kepada kita bisa didayagunakan secara maksimal.

Tengoklah data data berikut:
Pertama: Akibat terbatasnya sumberdaya manusia handal yang bisa kita gunakan untuk mengeksplorasi dan menjaga kekayaan laut kita, maka potensi kerugian dari kekayaan laut kita yang meliputi ikan, pasir laut dan benda benda arkeologi bawah laut mencapai Rp 200 trilyun pertahun (versi mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rochmin Dahuri)

Kedua: Karena kita masih terlalu bergantung pada minyak, maka potensi gas yang ada diperut bumi Indonesia belum bisa didaya gunakan secara maksimal. Padahal potensi gas kita sebesarmencapai 107,34 triliun kaki kubik, lokasinya merata di seluruh Indonesia (versi Kepala Humas BP Migas A Rinto Pudyantoro)

Tulisan saya ini mungkin terlalu menyederhanakan banyak persoalan. Tetapi sesungguhnya saya hendak mengatakan:

BETAPA PENTINGNYA KITA BERSUNGGUH SUNGGUH MENGEMBANGKAN DIRI AGAR MEMILIKI PENGUASAAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SETINGGI MUNGKIN DIATAS IMAN DAN AKHLAK YANG TELAH KITA MIIKI AGAR KITA BISA MENDAYAGUNAKAN POTENSI SUMBER DAYA ALAM YANG DIBERIKAN TUHAN KEPADA KITA SECARA MAKSIMAL. 

JIKA TIDAK, KITA HANYA BISA MENGERJAKAN PEKERJAAN PEKERJAAN KECIL DENGAN HASIL HASIL KECIL,PADA HAL TUHAN MEMBERI AMANAH BESAR SEKALI DIPUNDAK KITA

Amanah itu adalah: MEMAKMURKAN bumi ini dengan AGAMA NYA.

Satu komentar

  1. heruss /

    setuju, smg anak2 kita mampu dan bijak mengelola SDalam yg luar biasa di indonesia. Men jadi SDM yg hebat dgn mengambil amanah yg tepat.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *