Jadilah Pribadi Bahagia, Produktif, Kontributif, dan Kuat

Jul 26

“Ya Robbi aku berlindung kepada MU, dari kegigihannya orang orang rusak kami, serta dari tidak berdayanya orang orang baik kami” (Umar bin Khotab)

BAHAGIA

Kebahagiaan adalah barang mahal dalam kehidupan manusia .Sebab ia belum tentu dengan mudah dimiliki oleh orang orang kaya , orang orang yang punya kedudukan serta orang orang yang pu
nya reputasi dan nama besar dalam berbagai bidang kehidupan Ia juga tidak otomatis dimiliki oleh mereka yang miskin , berstatus sosial rendah serta mereka yang tidak begitu dikenal .

Kebahagiaan adalah keadaan diri manusia yang bisa dicapai oleh siapapun oleh karena ia bisa memberi kebutuhan yang diperlukan oleh dirinya yang meliputi kebutuhan spiritual , kebutuhan emosional , kebutuhan intelektual serta kebutuhan fisik operasional.

Dan kita akan bahagia dalam hidup ini jika semua kebutuhan hidup kita terpenuhi secara benar dan mencukupi

Secara spiritual kita butuh keyakinan ,ketenangan , kedamaian , ketentraman ,semangat , keberanian ,kekuatan harapan , rasa keberadaan diri yang berguna bagi sesama.

Secara emosional kita butuh kehangatan kasih sayang keluarga , kesetiaan persahabatan , kepedulian kepada sesama… Secara intelektual kita butuh pengetahuan dan ilmu .

Dan secara operasional fisik kita butuh bergerak , bekerja , berolah raga dan sebagainya .

PRODUKTIF

Jika kita hanya bisa bahagia tetapi tidak bisa menghasilkan sesuatu nilai tambah dalam kehidupan kita yaitu berupa beragam prestasi dalam kehidupan kita , kita akan kehilangan rasa keberadaan kita .

Kita bisa membaca , menuntutut ilmu , bisa bekerja , bisa berdoa , bisa berlatih beragam kemampuan sesungguhnya itu adalah sebuah prestasi dasar dalam hidup kita

KONTRIBUTIF

Akan tetapi jika kita hanya menjadi pribadi produktif tetapi tidak punya daya guna atau kontribusi kepada sesama hidup kita akan sangat kehilangan kebahagiaan yang sejati

Oleh karenya dasar dan sekaligus puncak kebahagiaan adalah jika kita dapat menjalani hidup dengan semangat pengabdian kepada Allah Tuhan Yang Maha Mencipta dengan dorongan rasa terimaksih kita kepada-Nya , rasa rindu kita untuk selalu dekat denga-Nya , rasa tulus ikhlash kita untuk selalu mengabdi kepada-Nya dan berkontribusi kepada makhlu-Nya agar kita kemudian mendapat kasih saying , cinta perkenan dan ridho-NYa.

KUAT

Akan tetapi begitu kita bisa menjadi pribadi yang BAHAGIA , PRODUKTIF dan KONTRIBUTIF , kita kemudian amat membutuhkan tumbuh menjadi pribadi yang KUAT .Mengapa ?

Jawaban nya bisa kita temukan pada dialog berikut :

” Umar mungkinkah kehidupan ini akan hancur berantakan kembali , setelah kita membangunnya ” .

Itu pertanyaan yang diajukan kepada Umar bin Khatab setelah diangkat sebagai pemimpin menggantikan Abu Bakar.

Nah kemudian Umar menjawab ,” Bisa , jika ORANG ORANG RUSAK diantara kalian LEBIH MENGUNGGULI ORANG ORANG yang BAIK diantara kalian ”

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *