Jadilah Manusia yang Semakin Bermanfaat

Sep 23

120923 12572259604wLH2vt

Obsesi hidup saya adalah menjadi manusia yang paling bermanfaat bagi banyak orang dengan dasar iman dan kesetiaan kepada NYA.Dalam istilah agama sosok impian ini adalah SOSOK RABBANI

Saya ingin mengutipkan penjelasan DR. Aidh bin Abdullah Al-Qarni,MA tentang siapa manusia ROBBANI ini sebagaimana uraian berikut:

”Pelajari ilmu yang bermanfaat, kerjakanlah amal shaleh, ajarkanlah hikmah kepada sesama, dan tabahkanlah hati dalam melakukan itu semua.Jika kalian telah melakukannya berarti kalian telah menjadi manusia rabbani”

”Jadilah pelita dalam kegelapan, penganjur kebaikan, pencegah keburukan, penyabut keutamaan, dan pembuat kebaikan di muka bumi. Jadilah manusia yang dicintai oleh yang ada di langit, maka kalian telah menjadi manusia yang rabbani”.

”Ajarkan pengetahuan kepada manusia, sampaikan nasihat dengan cara yang baik, ajarkan mereka mencintai Tuhan dan akhirat dan serulah mereka mengendalikan dunia; jika kalian semua ingin menjadi lebih bijak, alim, dan rabbani.”

”Rendah hatilah pada sesama, sayangilah manusia, cintailah makhluk hidup, tengoklah orang sakit, lepaskanlah belenggu penderitaan, berilah makan orang yang lapar, bersedekahlah kepada fakir dan miskin, berilah pertolongan pada orang yang kesusahan, dan bantulah orang yang teraniaya. Ini semua adalah perilaku orang yang rabbani.”

Semua penjelasan diatas membuat saya takjub, betapa manusia yang dicitakan oleh agama ini adalah manusia yang luar biasa. Ia adalah manusia yang dengan dorongan iman mam pu membangun begitu banyak keunggulan dalam dirinya dan dengan spirit pengabdian kepada Rabb-nya ia melewati hari harinya dengan produktifitas karya kebaikan yang dia kontribusikan kepada sesamanya demi meraih perkenan dan ridho-Nya.

Dan manusia yang memiliki puncak kebahagiaan hidup adalah manusia ROBBANI. Dia bahagia karena bisa selalu tulus berkontribusi bagi kehidupan orang lain.

Satu komentar

  1. Smg kita bisa menjadi lebih baik.Aamiin

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *