Jadi Kuat dan Mandiri, Jangan Selalu Bergantung Orang Lain

Sep 04

Dominasi

Saya merenungi pertanyaan berikut ini: “Kapan seseorang dalam kehidupannya akan berada dalam dominasi dan penguasaan orang lain?”

Saya lalu mencoba mencari cari jawabannya.Dengan mengandaikan dan membayangkan saya sebagai orang yang berada dalam dominasi dan penguasaan orang lain. Akhirnya sejumlah jawaban berikut saya temukan:

Pertama: Saya akan berada dalam dominasi dan penguasaan orang lain, jika saya terlalu banyak menerima jasa bantuan orang lain kedalam kehidupan saya, padahal saya sebenarnya tidak perlu bergantung pada bantuan orang lain jika saya bisa berusaha membangun diri menjadi pribadi yang mandiri yang sanggup melakukan banyak hal.

Kedua: Jika saya tidak berani mengambil resiko melakukan tindakan tindakan yang membawa saya kearah kemajuan dan mau membayar biaya keberhasilan itu dengan mencurahkan waktu, tenaga, pikiran dan harta saya, maka saya tidak akan pernah mencapai level kemampuan hidup yang saya harapkan.Nah pada titik itu saya akan banyak berharap dan bergantung pada jasa bantuan orang lain. Dalam kondisi sepert ini saya akan mudah didominasi dan dikuasai orang lain.

Ketiga: Memang semua orang pasti punya kelemahan dan kekurangan. Begitu juga saya.Tetapi saya belajar satu hal penting yaitu jika saya membiarkan diri saya tidak mampu mengatasi dan menghilangkan kelemahan dan kekurangan saya dengan cara sungguh sungguh membangun berbagai kekuatan dalam diri saya, maka selamanya saya akan selalu mencari bantuan orang lain untuk membantu menyelesaikan persoalan hidup saya. Dengan kondisi ini saya akan selalu berada dalam dominasi dan penguasaan orang lain.

Keempat: Kesedihan dan kekhawatiran memang selalu akan dimiliki oleh semua orang. Sayapun juga akan selalu mengalaminya. Akan tetapi jika saya membiarkan diri saya dipenjara oleh kesedihan demi kesedihan serta dihambat untuk maju oleh berbagai kekhawatiran hidup yang berlebihan, maka saya tidak akan pernah bergerak maju untuk membangun kekuatan – kekuatan yang saya butuhkan untuk bisa sukses dalam kehidupan saya. Nah dalam keadaan seperti ini lagi lagi saya akan mudah meminta dan menerima jasa bantuan orang lain kedalam kehidupan saya. Dan dengan cara itu saya akan berada dalam dominasi dan penguasaan orang lain.

Memang jika orang yang begitu banyak membantu kita dengan segala macam bantuannya itu adalah orang orang yang punya IMAN, DEDIKASI dan ORIENTASI HIDUP yang lurus, maka dominasi dan penguasaan mereka terhadap kehidupan kita akan bergerak kearah kondisi yang POSITIF dan KONSTRUKTIF dalam naungan ridho NYA. Jika tidak, maka akan terjadi sebaliknya.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *