Engkau adalah Pohon yang Memberi Keteduhan

Dec 05

+1256930456HMbc13i

“Semua orang akan selalu ingin menjadikanmu sebagai sahabat perjalanan jika engkau senantiasa bisa memberikan keteduhan dan kedamaian dengan sikap sikapmu”

Serombongan orang orang penting dan tokoh berada dalam suatu perjalanan wisata bersama.

Di antara mereka itu ada wanita tua yang selalu menyempatkan dan memperkenalkan diri pada semua orang orang penting dan anehnya hampir seluruh orang dan tokoh penting dalam rombongan wisata itu menyebut wanita tua itu sebagai sahabat terbaik dalam perjalanan.

Memang apa sih yang begitu menarik dari wanita tua itu?

Setiap bertemu dengan orang dan tokoh penting dalam rombongan wisata tersebut, wanita tua itu selalu dengan tulus mengatakan:

“Nama saya adalah FULANAH, saya sangat bahagia bertemu dan berada satu rombongan dengan anda dalam perjalanan wisata ini. Jika anda tidak keberatan sudikah anda berbagi kisah dan pengalaman sukses anda kepada saya?”

Itu alasan utama, mengapa wanita tua itu diakui sebagai sahabat perjalanan terbaik dalam rombongan itu

Aku bisa mengerti dan memahami apa yang paling engkau harapkan dan engkau butuhkan dari setiap orang yang berinteraksi, bergaul dan bekerja sama denganmu.

1. Engkau ingin mereka menampakkan sikap yang memaklumimu bahwa engkau bukanlah pribadi sempurna.

Engkau ingin dipahami sebagai pribadi yang punya kelebihan, prestasi dan keberhasilan, sebagaimana juga engakau ingin dimaklumi sebagai pribadi yang memiliki kekurangan, kegagalan, sisi buruk dalam hidupmu.

2. Engkau berharap mereka menampakkan diri sebagai pribadi yang tulus dan senang menerima kehadiranmu apa adanya dalam setiap interaksinya dengan mu.

Dengan cara ini engkau akan berkenalan dan berbicara dengan mereka selalu bisa berada dalam suasana psikologis yang menyejukkan, menghilangkan rasa rendah diri untuk berekpresi, menumbuhkan rasa berani untuk berbagi.

3. Engkau menginginkan mereka menampakkan respek, penghargaan serta semangat mau bertanya secara tulus terhadap prestasi yang engkau raih.

Pasti engkau selalu ingin bertemu lagi dengan orang orang seperti itu, karena kebutuhan dasar perasaanmu adalah ingin diakui dan dihargai prestasi yang engkau capai, serta ingin ada orang yang mau secara tulus mendengar saat engkau membagikan pengalaman suksesmu.

4. Engkau berharap mereka tidak memperlihatkan sikap mau menonjol dan mau menang sendiri ketika berbicara.

Sebab engkau sangat tidak suka kepada sikap ini. Cepat atau lambat ia akan memciptakan perasaan tidak senang pada mu, untuk tidak lagi bertemu mereka.

5. Engkau menginginkan mereka mau berbagi kisah keberhasilan, kemampuan dan keahlian yang mereka miliki kepadamu dengan cara santun dan rendah hati, dan bukan dengan pongah serta tinggi hati.

Tetapi engkau juga harus mengerti dan memahami bahwa semua orang yang berinteraksi denganmu sangat membutuhkan semua hal itu darimu.

Akan tetapi untuk bisa melakukan itu, engkau memerlukan SUMUR JIWA dari dalam dirimu sendiri, yang selalu bisa membuatmu menampakkan KELAPANGAN DADA, KEBESARAN JIWA, PENGERTIAN, RESPEK, PENGHARGAAN, PENGAKUAN, DUKUNGAN, PERSETUJUAN, KELEMBUTAN, TOLERANSI, CINTA dan KASIH SAYANG secara TULUS tanpa dibuat buat.

Engkau hanya bisa membangun SUMUR JIWA yang luar biasa dan menakjubkan seperti itu dengan menapaki jalan yang telah ditunjukan NYA kepadaku dan kepadamu:

“Sesungguhnya orang orang beriman dan orang orang yang beramal sholeh kelak akan Allah masukkan kedalam hatinya CINTA dan KASIH SAYANG.”

Jadi mengapa engkau harus mengeluh letih dan lelah ketika beribadah dan mendekat kepada NYA padahal dengan cara itu engkau sedang mempedalam dan memperkuat semburan sifat sifat mulya dari SUMUR JIWA mu.

Dan dengan cara itu semua orang selalu akan menemukan keteduhan dan kedamaian saat bersamamu. Semoga.

Satu komentar

  1. giant /

    pribadi yang mulia bisa terpancar bila pola sikap dan pola berfikir dengan al qur’an dan as sunah

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *