Daun Daun Kering

Mar 14

2015-04-01 akhmadArqomDotComdriedleaves_101

Daun daun kering yang jatuh ke tanah tentu tidak akan menarik perhatian kita yang berjalan di dekat pohon yang menggugurkannya. Sebab memang secara lahiriah tidak ada yang ada istimewa untuk dilihat.

Akan tetapi dari daun daun kering itu sebenarnya kita bisa belajar beberapa hal:

1. Daun daun kering yang jatuh dan sengaja digugurkan oleh sang pohon, adalah pertanda bahwa sang pohon sedang melakukan proses penyesuaian diri terhadap kondisi lingkungan yang tiba tiba tidak banyak. menyediakan air baginya. Ini dilakukannya sepanjang masa kemarau sampai datang musim hujan.

Daun daun itu sengaja digugurkan untuk mengurangi hilangnya atau penguapan banyak air dari dalam tubuh pohon itu yang semakin kesulitan mendapatkan air ketika memasuki musim kemarau sehingga dengan cara tersebut pohon itu bisa terus hidup sampai datang musim mudah memperoleh air.

Dalam situasi kehidupan kita yang semakin berat bisakah kita mampu melepaskan segala sesuatu yang bisa menolong kita dari penguapan (pemborosan) sumberdaya yang kita miliki. Sebab dengan cara itu kita akan sanggup melewati masa masa berat dalam hidup.

2. Pada musim susah air (kemarau) pohon lebih memilih daun untuk digugurkan, dan terus mempertahankan akarnya dalam situasi berat itu, karena memang akarlah yang bisa mencarikan air baginya untuk tetap hidup.

Kalau lah kita harus mengambil keputusan sulit dalam hidup ini, untuk bisa mempertahankan keberadaan diri dalam situasi kehidupan yang sangat berat, apakah kita bisa dengan tepat memutuskan untuk mempertahankan sebagian yang kita miliki agar dengannya kita terus bertahan hidup.

Dalam badai kesulitan hidup. yang begitu kuat menghantam kita, mungkin kita terpaksa kehilangan harta, kolega bahkan berpisah dari keluarga, tetapi kita harus tetap mempertahankan iman, cara berpikir dan bersikap positif serta seluruh karakter mulya kita agar tetap bisa bertahan hidup, bahkan sanggup tetap berprestasi.

3. Pada musim air mudah didapatkan lagi, maka pohon kembali menumbuhkan daun baru agar bisa membantunya mengelola memanfaatkan cahaya matahari sebagai energi baginya dalam proses yang dikenal dengan fotosintesis.

Bisakah kita juga berlaku bijak seperti itu? Melakukan kembali sebuah pekerjaan yang tadinya kita tinggalkan karena keterbatasan sumberdaya yang dibutuhkan, dan baru melakukannya lagi ketika sudah belimpah sumber daya dengan cara mengajak kembali orang orang yang kompeten bekerja lagi bersama kita.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *