Cara Saya Mengatasi Masalah Masalah Rumit dan Kompleks

Jun 17

2013 06 18 +1257537651rDl4T57

Saya agak kaget dan sempat bingung mau menjawab apa ketika seorang kawan bertanya kepada saya: apa yang harus dilakukan temannya karena temannya mengadukan 3 masalah berat kepadanya dan minta saran darinya.

Masalah Pertama: Dia dipecat dari tempat kerjanya atau di PHK.
Masalah Kedua: Anak nya tiba tiba mogok, tidak mau masuk sekolah.
Masalah Ketiga: Istrinya ketahuan selingkuh dengan teman sekerjanya.

Lewat sms saya mengatakan dan menasehatkan ini: “Minta agar teman jenengan mau bersungguh sungguh memperbaiki hubungan dirinya dengan PENCIPTA KEHIDUPAN, ALLAH SWT melalui ibadah kepada NYA. Sebab dengan cara itu DIA yang akan memperbaiki hubungan dia dengan sesama manusia.

Saya sebenarnya sadar bahwa jawaban saya itu hanya akan memberikan kemampuan bertahan secara mental saja jika saran itu benar benar dikerjakan.
Tetapi untuk menyelesaikan masalah masalah berat diatas secara teknis operaional maka hal hal berikut jika diterapkan bisa secara siginifikan menyelesaikan masalah masalah itu secara bertahap:

Pertama: Bekerja untuk urusan mencari nafkah, mendidik anak serta memperlakukan pasangan hidup dengan KUALITAS TERBAIK YANG HARUS BISA DIUSAHAKAN SECARA OPTIMAL. Ini doktrin yang bisa kita praktekkan dari perintah TUHAN kita di Surat ke 67 ayat ke 2 pada kitab suci NYA.

Kedua: Membiasakan diri bekerja untuk hal hal diatas berada dalam SUASANA KOMPETISI atau IKLIM PERSAINGAN YANG POSITIF DAN KONSTRUKTIF. Sebab dengan cara itu biasanya seseorang terpaksa dan dipaksa BEKERJA KERAS MENGELUARKAN KEMAMPUAN TERBAIKNYA. Itu terjemahan dari perintah FASTABIQUL KHOIRAT yang saya pahami.

Ketiga: Berusaha sekuat tenaga MENJADI YANG TERBAIK DAN TERDEPAN diantara semua orang yang saling bersaing dalam bekerja. Ini aplikasi dari perintah NYA di Surat ke 23 ayat ke 60.

Keempat: Bekerja keras sekuat tenaga agar bisa menghasilkan prestasi karya kebaikan sebanyak mungkin yang terasa secara nyata manfaatnya bagi diri dan orang lain. Ini apilkasi dari firman NYA di Surat ke 16 ayat terakhir.

Setidak tidaknya dengan cara kerja operasional seperti keempat hal diatas, KEPERCAYAAN TUHAN YANG MAHA KUASA dan KEPERCAYAAN MANUSIA akan berhasil diraih sehingga secara bertahap persoalan persoalan kehidupan seseorang dengan TUHAN nya dan sesamanya akan bisa DIPERBAIKI, hingga akhirnya masalah-masalah dari ringan sampai yang serius dan berat bisa diatasi.

Sayang empat saran operasional diatas tidak sempat saya sampaikan kepada teman yang bertanya seperti saya ceritakan diatas.

Tetapi sesungguhnya begitulah ikhtiyar yang saya lakukan jika saya berhadapan dengan masalah masalah hidup yang berat dan kompleks.

2 komentar

  1. sulfiana /

    apakah yang anda lakukan apabila menemukan persoalan yang sangat berat untuk di pecahkan

  2. erwin /

    Saya mengucapkan terima kasi atas saran yg diberikan dgn sy membaca saran ini kehidupan sy menjadi lwbih baek lg amin ya robal alamin

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *