Bagaimana puasa telah membentuk bangsa ini menjadi kuat?

May 19

Pada 73 tahun yang lalu,sehari sebelum datangnya bulan Ramadhan bangsa ini membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Tepat tanggal 1 Ramadhan saat itu ( 1364 H) Amerika Serikat menjatuhkan bom nya di Nagasaki Jepang.Lalu pada tanggal 6 Ramadhan Jepang menyerah pada Sekutu.

Pada tanggal 9 Ramadhan nya para pendiri bangsa ini dengan penuh keberanian mengumumkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia.Padahal saat itu kekuatan militer Jepang di Indonesia tidak berkurang sedikitpun.

Itu bertepatan dengan 17 Agustus 1945 atau 9 Ramadhan 1364 H.

Jika kita mundur ke tahun 1500 an kita bertemu fakta ini.Portugis adalah bangsa Eropa pertama yang masuk dan menjajah negri kita ini.Portugis merebut menguasai Sunda Kelapa (Jakarta sekarang) pada tahun 1521.Tetapi Fatahillah bersama para tentara muslim negri ini berhasil membebaskan Sunda Kelapa tepat pada 22 Ramadhan 933 H atau pada 22 Juni 1527 M.

Bangsa ini telah terbukti menjadi manusia manusia kuat dengan puasa yang dijalaninya dalam sejarah panjang perjuangannya.

Hari ini kitapun akan bisa tumbuh menjadi manusia manusia kuat jika melalui puasa yang kita kerjakan:

1.kita sucikan pikiran,perasaan,hati,jiwa dan raga kita dari segala yang mengotorinya dan akan melemahkannya,serta menancapkan kedalam diri kita iman, cita cita, optimisme, keberanian, dan kepasrahan total kepada Sang Pengatur Mutlak Kehidupan,Allah SWT.

2.kita latih diri kita agar unsur unsur ruhani dalam diri dan kehidupan kita menjadi pengendali unsur unsur materi atau unsur unsur jasmani diri kita.

3.kita kerahkan kemampuan terbaik kita agar kemauan kita dalam melakukan semua bentuk kebaikan yang diperintahkan Tuhan kepada kita mengalami peningkatan atau pelipatgandaan.

4.kita gembleng diri kita agar memiliki kontrol dan kendali diri yang prima terhadap segala bentuk kesenangan yang melemahkan.

5.kita dorong diri kita secara bertahap agar satu demi satu karakter dan kemampuan kepemimpinan terbentuk dalam diri kita.

 

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *