Apa Yang Bisa Menghancurkanmu Saat Engkau Meraih Sukses Besar?

Apr 04

2014-04-04 nickypoile

(Analisis Psikologis Sosiologis bagian –1)

Akhmad: Apa yang sering engkau pelajari dari sejumlah orang yang bisa meraih sukses besar dalam hidupnya
Arqom: Sebagiannya menarik untuk diamati. Bukan bagaimana mereka berhasil meraih sukses besar itu. Tapi bagaimana mereka pada akhirnya menjadi hancur setelah sukses besar itu

Akhmad: Apa maksudmu?

Arqom: Steven Berglas, seorang psikolog di Harvard Medical School dan penulis buku THE SUCCEES SYNDROME, menyimpulkan bahwa mereka yang berhasil meraih sukses besar, namun tidak menopang kesuksesannya itu dengan karakter yang kuat dalam dirinya pasti akan memperlihatkan salah satu atau lebih fenomena prilaku berikut, yang akhirnya menghancurkan mereka sendiri.

Akhmad: Heemmm. . jadi penasaran. Apa saja itu?

Arqom: Pertama: Kecongkakan. Jika seseorang berhasil meraih sukses besar dalam hidupnya tanpa ditopang dan tanpa membawa iman, dan mentalitas syukur serta kebiasaan hidup selalu dekat dengan Tuhan melalui disiplin ibadahnya, pasti kecongkakan itu akan gampang muncul dari dalam dirinya.

Akhmad: Bisa engkau jelaskan hubungan sebab akibatnya secara rinci?

Arqom: Kecongkakan itu kan sikap dan prilaku seseorang yang digerakkan oleh perasaan bahwa dirinya adalah orang yang selalu benar dan menolak kebenaran dari orang lain karena merasa bahwa dirinya adalah orang yang paling unggul, hebat, dan menganggap semua orang berada dibawa dirinya.

Akhmad: Lalu…. . ??

Arqom: Jika dalam dirinya ada iman, ada keyakinan bahwa apapun bakat dan kemampuan yang dimilikinya, lalu dikembangkannya, kemudian didayagunakannya dengan kerja keras dan perjuangan hingga berhasil meraih sukses besar, yang dengan iman tersebut membuatnya selalu menyadari bahwa semua itu adalah karunia TUHAN YANG MAHA ESA kepada dirinya, yang seharusnya disyukuri kepada DIA SANG MAHA PEMBERI KARUNIA itu, maka dia memiliki PEMBENDUNG tumbuhnya KECONGKAKAN itu. Atau. . .

Akhmad: Atau apa. . . ?

Arqom: Atau kalau lah KECONGKAKAN itu tumbuh juga, dia segera bisa mengendalikannya dengan cara mematikannya. Apa lagi dia memiliki disiplin ibadah yang bagus. Disiplin hubungan dengan TUHAN yang memungkinkannya dianugrahi kekuatan dan kendali dari NYA untuk bisa menekan dan mematikan KECONGKAKAN itu.

Akhmad: Yang kedua?

Arqom: Kita lanjutkan besok saja ya …he he he

Akhmad: Bikin penasaran saja kamu……

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *