Ambillah Bekal Perjuangan dari Sejarah

Nov 07

+1217758781FFUhwyn

Kita adalah makhluk yang lebih mudah mengingat CERITA dan SEJARAH seseorang daripada deretan ANGKA-ANGkA tentang seseorang

Akan tetapi hanya CERITA dan SEJARAH yang memberi kita tiga hal penting yang selalu akan kita kenang.

Pertama: Tantangan tantangan hidup yang dihadapi orang dalam cerita dan sejarah itu.

Kedua: Usaha dan perjuangan seperti apa yang dilakukan oleh orang itu dalam mengatasi tantangan tantangan itu, dan

Ketiga: Jalan keluar dan solusi seperti apa yang berhasil didapat oleh orang itu

Dalam kontek seperti itu kini kita mengerti mengapa Nabi dan Rasul kita, Muhammad saw masih juga mendapatkan CERITA dan SEJARAH itu dari ALLAH tentang perjalanan perjuangan para nabi dan rasul sebelumnya

Yap penutup para nabi dan rasul itu masih juga diminta bercermin dari para pejuang penyampai risalah pendahulu pendahulunya.

“Maka bersabarlah engkau sebagaimana kesabaran para rasul yang memiliki keteguhan hati”

“Maka bersabarlah engkau terhadap ketetapan Tuhanmu, dan janganlah engkau seperti orang yang berada di dalam perut ikan”.

Disaat saat perjuangannya semakin sulit, satu demi satu sejarah para penyampai risalah pendahulunya dipaparkan Allah untuknya.

Dalam situasi yang amat membutuhkan tercatat sejarah Yusuf as. yang berjuang di Mesir, dan sejarah para pemuda Kahfi yang memperjuangkan keyakinan hidupnya ditengah mayoritas manusia yang atheis serta sejarah para rasul yang lain disampaikan ALLAH pada rasul NYA yang terakhir itu

Situasi ketika sejarah sejarah itu diceritakan kembali adalah disaat saat KESULITAN PERJUANGAN dan KEGANASAN PERMUSUHAN semakin meningkat dihadapi Muhammad saw.

Lewat CERITA SEJARAH itu ALLAH bertujuan untuk:

1. MENEGUHKAN HATI dan JIWA Muhammad saw dalam menghadapi sulit dan beratnya perjuangan menegakkan dan menyebarkan kebenaran

2. Mengajarkan KEBENARAN yang harus selalu menjadi pegangan dalam proses perjuangan menciptakan perubahan.

3. Memberi PETUNJUK dan PELAJARAN tentang apa yang harus dikerjakan menghadapi tantangan dan kesulitan perjuangan

4. Menyampaikan PERINGATAN tentang apa saja yang harus diwaspadai dan dihindari.

Akan tetapi manfaat CERITA dan SEJARAH itu bukan hanya untuk Muhammad saw saja, tetapi juga BERGUNA BESAR bagi KITA yang menjalankan TUGAS PERJUANGAN yang diamanahkan ke pundak kita masing masing yang selalu dipenuhi tantangan dan kesulitan hidup.

Jadi teruslah mengambil bekal dari sejarah, apalagi nama MUHAMMAD dan IBRAHIM selalu kita sebut dalam momentum ruku’ dan sujud kita kepada NYA.

Tulis tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *